1.1 Tujuan
Aplikasi pencarian barang yang bertujuan dalam membantu proses bisnis pada PT. Simpana Baranga yang bergerak dibidang jasa pergudangan. Aplikasi ini digunakan untuk membantu dalam pencarian lokasi dalam penempatan barang yang masuk serta pencarian barang yang akan keluar gudang dan dapat digunakan untuk memantau status lot yang terisi maupun status lot yang kosong serta dapat meningkatkan layanan kepada para penyewa dengan mempersingkat waktu bongkar-muat barang yang dititipkan atau yang akan diambil. Dokumen ini menggambarkan tentang Aplikasi Pencarian Lokasi yang kosong untuk barang yang masuk dan pencarian lokasi Barang yang akan diambil oleh penyewa yang digunakan untuk membantu dalam proses jasa penyewaaan gudang pada PT. Simpana Baranga.
1.2 Ruang Lingkup
Fitur-fitur apa saja yang ada didalam ruang lingkup perangkat lunak (software) serta apa saja yang tidak termasuk dalam ruang lingkup software yang akan dikembangkan Yaitu : 1. Pengelolaan data penyewa(staff layanan) 2. Pengelolaan data barang masuk(staff gudang) 3. Pengelolaan data barang keluar(Staff gudang) 4. Pengelolaan lot (Staff Gudang) 5. Pemantauan Statistik Penyewaan(manager) 6. Pemantauan status lot (manager dan staff gudang) 7. Laporan penyewaan (manager).
1.3 Definisi
a. APB : Aplikasi Pencari Barang
b. Lot : Tempat penyimpanan barang/Satuan Paket Barang
c. User : Pengguna
2. Deskripsi Keseluruhan
2.1 Perspektif produk
Aplikasi ini ditujukan untuk PT. Simpana Baranga, yang bertujuan untuk membantu user atau pihak manajemen Pergudangan dalam mengelola barang dalam hal penyewaan gudang serta mengelola informasi data penyewa dan laporan–laporan yang diperlukan pihak manajemen. Aplikasi ini tidak dipengaruhi aplikasi atau perangkat lainnya, Aplikasi Database yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Program ini bisa dijalankan pada operasi sistem yang berbasis Windows.
2.2 Fungsi – fungsi produk
Aplikasi yang mendukung beberapa use case berikut :
2.3 Karakteristik
User User harus dapat memahami proses bisnis dalam pergudangan, seperti penempatan barang dan proses masuk keluar barang. User harus memahami bagaimana cara menggunakan suatu aplikasi secara keseluruhan.
2.4 Pemeran Utama
Pemeran utama dalam APB adalah user dan aplikasi.
2.5 Masalah Umum
a. Database yang digunakan terpisah dari aplikasi utama.
b. APB adalah Aplikasi yang bersifat multi user.
c. Aplikasi dijalankan dikomputer yang memiliki prosesor minimal pentium 4
2.6 Asumsi dan Ketergantungan
Untuk menjalankan aplikasi, diperlukan Aplikasi database yang bernama Microsoft SQL server 2005.
3. Kebutuhan khusus
3.1 Kebutuhan Fungsional
Kami menjelaskan kebutuhan fungsional dengan menjabarkan berbagai use Case.
3.1.1 Diagram Use Case
Keterangan :
Use case yang berkaitan dengan instalasi :
Use case 1 : Instalasi
Pemeran utama : User( staf gudang )
Pre kondisi : Software Microsoft SQL Server 2005 tersedia
Skenario Utama :
1. User menempatkan aplikasi ke dalam drive yang diinginkan
2. Mengaktifkan database
3. Membuat Login APB Pada Database Melalui APB
Skenario Alternatif :
2(a). Microsoft SQL Server 2005 belum tersedia
2(a)1. User menginstal Microsoft SQL Server 2005
2(b). Mengaktifkan Database Gagal
2(b)1. Coba Lagi
2(c)2. Batal Menjalankan Aplikasi
Use case yang berkaitan dengan hak akses pemakai :
Use case 2 : Login
Aktor utama : User (staf gudang dan manajemen)
Pre kondisi : -
Skenario Utama :
1. Menjalankan APB, user diminta untuk mengisi id Login dan Password.
2. User memberikan ID login dan password
3. System melakukan verifikasi
4. Tampilan menu utama muncul
Skenario Alternatif :
4(a). Login gagal.
4(a)1. Belum memiliki ID Login dan Password
4(a)1.1. Membuat Login dan Password (daftar)
4(a)1. ID login atau password yang diberikan user salah
4(a)2. Kembali mengisi ID login dan password
Use case 3 : Ubah Password
Aktor utama : user (manajemen )
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. user membuka jendela password yang tersedia di menu.
2. user memilih ID dan password yang ditampilkan dari database password dan mengganti password dengan yang baru
3. System melakukan verifikasi
4. Password baru telah terdaftar dalam aplikasi
Skenario Alternatif :
4(a). Password baru yang dimasukkan oleh user tidak cocok dengan verifikasi Password.
4(a)1. Memasukan lagi Password yang sama pada
kolom Password baru dan kolom Verifikasi Password baru.
User Case 4 : Hapus User
Aktor utama : user (manajemen)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1 user membuka form password yang tersedia di menu.
1. user memilih ID ditampilkan dari database dan menghapus ID yang tidak terpakai
2. System melakukan verifikasi
3. ID telah terhapus dari aplikasi
Use case yang berkaitan dengan menampilkan informasi :
Use case 5 : Status Lot
Aktor utama : user (manajemen atau staf gudang)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User memilih sub menu untuk menampilkan status lot
Skenario Alternatif :
1(a). Status lot tidak tampil, karena jumlah lot belum
ditentukan
1(a).1. Menentukan jumlah lot terlebih dahulu
Use case 6 : Laporan Penyewaan
Aktor utama : user (manajemen)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User memilih sub menu untuk menampilkan laporan penyewaan per-periode
Skenario Alternatif :
1(a). Laporan penyewaan belum lengkap karena periode
waktu yang ditentukan belum berakhir
Use case yang berkaitan dengan menampilkan informasi :
Use case 7 : Input data penyewa
Aktor utama : user (staf layanan)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User menginput data penyewa ke dalam database
Skenario Alternatif :
1(a). Data yang diserahkan si penyewa tidak lengkap, akibatnya error pada saat penginputan
Use case 8 : Ubah data penyewa
Aktor utama : user (staf layanan & manajemen)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User mengupdate / mengubah data penyewa yang ada dalam database
Skenario Alternatif :
1(a). Ada Data yang kosong (data belum lengkap)
Use case 9 : Hapus data penyewa
Aktor utama : user (staf layanan & manajemen)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
2. User menghapus data penyewa yang ada dalam database
Skenario Alternatif :
1(a). Data penyewa gagal dihapus, karena user yang sedang digunakan tidak memiliki hak untuk menghapus data penyewa
Use case yang berkaitan dengan aktifitas gudang :
Use case 10: Penentuan Lot
Aktor utama : user (staf gudang)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User memilih sub menu untuk menampilkan jendela Pengaturan lot
2. User menentukan jumlah lot pergudang sesuai dengan kebutuhan
Use case 11 : Pencatatan barang masuk
Aktor utama : user (staf gudang)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User memilih sub menu untuk menampilkan Jendela Pendaftaran
penitipan barang
2. User mengecek ketersediaan lot
3. User menginput data formulir penitipan barang
4. User menetapkan barang mau ditempatkan di lot yang sesuai.
Skenario Alternatif :
3(a). Lot penuh, sehingga penyewaan tempat(yang dipilih)
dibatalkan
3(a)1. Peralihan ke Gudang Lain
3(b). Barang yang dititipkan tidak Persyaratan
Use case 12 : Pencatatan barang keluar
Aktor utama : user (staf gudang)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User memilih sub menu untuk menampilkan jendela Pendaftaran
pengeluaran barang
2. User menginput data formulir pengeluaran barang
3. User mencari lot tempat dimana barang ditempatkan
Skenario Alternatif :
3(a). Barang yang dicari melalui aplikasi tidak ditemukan
karena databarang yang ada didatabase tidak sesuai dengan penempatan lot yang digudang
3(a)1. Barang yang akan keluar harus dicari secara manual
Use case yang berkaitan dengan perhitungan biaya sewa :
Use case 12 : Biaya sewa
Aktor utama : user (staf gudang)
Pre kondisi : user sudah login
Skenario Utama :
1. User menghitung jumlah biaya yang harus pada penyewa
4. Kebutuhan Kinerja
(a) Minimal Komputer Pentium 4 1.8 Ghz 128 MB RAM
(b) Waktu tanggap <>
4. Spesifikasi Perangkat Lunak
5.1 Server dan Client
Spesifikasi komputer server terdiri dari prosesor Intel Pentium Xeon 3360, memori 2GB dan harddisk 320 GB sedangkan komputer client terdiri dari prosesor Intel Pentium Core 2 Duo, memori 1GB, dan harddisk 120GB. Server menggunakan sistem operasi Microsoft SQL Server 2003, sedangkan client menggunakan Windows XP
5.2 Alat Perangkat Lunak yang Dibutuhkan
- Microsoft Visual Studio 2008
- Microsoft SQL Server 2005
Untuk Ambil Posting Klik disini Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar